Home » » SAJAK-SAJAK “PENGKHIANAT” (Bagian Pertama

SAJAK-SAJAK “PENGKHIANAT” (Bagian Pertama

Written By Madani on Senin, 02 Juni 2014 | 09.50

(ketika terkuasai dusta)



1.

ayo saja, bila aku diajak perang
ayo saja, bila aku diajak sombong
tetapi, jelas aku tak mau "nggemampang"
juga aku tak akan menjadi "songong"

aku akan sembunyikan prinsipku
yang ada di sisi lain prinsipmu
perjalananku tak mungkin terpahami
jadi, aku tak perlu lagi sembunyi

aku akan menjadi gunung
yang tinggi dan tak terdaki
entah apakah kamu bisa mengerti
betapa manis nyaring "kwangwung"

aku akan menjadi jurang
yang dalam dan tak tertembus
aku yakin kamu pasti akan gamang
dan lama-lama terbuncang "lesus".

(aku bukannya tidak tahu
kamu telah peralat aku
bukan aku yang punya utang
jadi, kenapa aku harus bimbang?)

*30052014.15:57.-


2.

melayang
tanpa gawang
menukik
tanpa takik

jatuh
terpuruk
mengeluh
kian memburuk

andaikan ada
secangkir kopi
akankah rasa
tidak begini?

demi apa
segala diusaha
diri terkapar
dalam sinambung sasar.

(pindah bidang
sudah terlambat
jalan lempang
sudah berkhianat!)

*31052014.09:55.-


3.

ada bayangan
yang melengkung
menyasarkan
pikiran pun linglung

itu fata morgana
dipicu keinginan
juga kebutuhan
jadi bahaya

cobalah becermin
jangan hanya membatin
periksa dengan seksama
berpikir dalam legawa

jangan terjebak
dalam saing
nanti "mbiyayak"
semakin pusing.

(diam
dalam sunyata
tenggelam
dalam bukti nyata!)

*31052014.10:48.-


4.

buang saja semua
biarkan tak tersisa
betapa telah terbukti
semua beban hati

kapan bahagia
kapan hati melega
kapan tindihan meniada
kapan suka di jiwa

masih ada asa
bersama si dia
sahabat seduka
juga dalam tawa

masih fata morgana
biarkan saja
sampai waktunya
tercapai juga.

(mau menusuk
dari belakang?
silakan masuk
tak perlu bimbang!)

*31052014.11:02.-


5.

apa pun terjadi
hidup terus berlanjut
"aja nganti
pupur sakwise benjut!"

bersiap itu
sebelum waktu
sedia payung tentu
sebelum hujan itu

menulis puisi
seolah tanpa beban
jangan melihat permukaan
cobalah langsung ke nurani

nurani tak pernah salah
masalahnya... orangnya
senantiasa bertingkah
jadi, apalah daya.

meski terpapar
banyak kegagalan
anggap saja pengalaman
agar tetap tegar.)

*TelukAngsan01062014.02:14.-


**gajah ourba Blora di Museum Geologi Bandung
Share this article :

Posting Komentar

Translate

Selamat Datang di Sanggar Jangka Langit

JANGKA LANGIT

Pengikut

Popular post

 
Support : Creating Website | Jangka-Langit | Martin
Copyright © 2013. JANGKA LANGIT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jangka-Langit
Proudly powered by Jangka-Langit