Home » » Kutipan Filsuf: Nietzsche - In heaven all the interesting people are missing

Kutipan Filsuf: Nietzsche - In heaven all the interesting people are missing

Written By Unknown on Jumat, 25 Oktober 2013 | 04.56

In heaven all the interesting people are missing. 
Friedrich Nietzsche
German philosopher (1844 – 1900)
translation: Di surga tidak ada orang yang menarik…
Hmmm, kutipan ini tidak jauh-jauh dari kutipannya yang paling terkenal “God Is Todt” “Tuhan sudah mati”… kenapa di surga tidak ada orang yang menarik? oke, dikecilin aja, yang pasti tidak ada orang yang menarik baginya… karena tuhan sudah mati? tak tau lah, yang jelas, bagi Nietzsche, orang yang menarik adalah orang yang berani menjadi ubermensch. Istilah ini banyak yang mentranslasikannya menjadi super-man, manusia super, tapi sebenarnya kurang tepat, karena manusia super berarti manusia yang telah mencapai titik henti perjalanannya. Ketika manusia menjadi super, maka ya sudah sampai disitu saja. Padahal, ubermensch (over-man) adalah manusia yang terus berani melampaui dirinya yang sekarang, yang berani melompati apapun yang ada di depannya, sampai ia mati.

Manusia beragama, jelas tak menarik bagi Nietzsche, karena belum-belum manusia-manusia ini sudah menemboki dirinya dengan hal-hal yang tidak boleh dan yang harus, bahkan sebelum sempat dipikirkan kenapanya. Kebetulan bin kecelakaan, tembok-tembok ini yang mengantarkan manusia-manusia jenis ini ke surga.

Nietzche bilang tuhan sudah mati, bukan dia pembunuhnya, tapi kita. Apa benar? siapa yang bisa jawab? apa tulisan ini dibuat untuk mendorong orang lain untuk berpikir sama dengan Nietzsche? tidak, tulisan ini bukan lagi urusan saya untuk mengatakan alasannya dan untuk apa ditulis… terserah anda para pembaca…
tabik

quotation source: quotationspage.com
picture source:www.ufmg.br
Share this article :

Posting Komentar

Translate

Selamat Datang di Sanggar Jangka Langit

JANGKA LANGIT

Pengikut

Popular post

 
Support : Creating Website | Jangka-Langit | Martin
Copyright © 2013. JANGKA LANGIT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jangka-Langit
Proudly powered by Jangka-Langit